bab 2
Tujuh SOP Wajib
Tujuh SOP Wajib
1. Produksi dan Distribusi
2. Pemasaran: Promosi dan Penjualan
3. Akuntansi, Keuangan, & Pajak
4. SDM & Pengembanganya
5. Pelayanan & Pengelolaan Pelanggan
6. Operasional Usaha
7. Pembukaan & Penutupan Usaha
SOP Produksi & Distribusi
Setiap perusahaan memiliki lini produksi dan disrtibusi. Dua hal ini dijadi satukan pembahasan berkaitan erat. Bidang produksi meliputi pembuatan produk. Bidang disrtibusi meliputi pengantaran barang (produk) dari satu tempat ke tempat lain.
TATA CARA ATAU PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG PRODUKSI?
1. Proses mendapatkan bahan baku
2. Proses mengelolah bahan baku menjadi produk siap jadi
3. Proses pengemasan barang yang dibeli dalam bentuk curah menjadi produk dalam kemasan
4. Proses pengaplikasian sebuah produk
5. Proses menghasilkan sebuah jasa tertentu
SOP Pemasaran: Promosi & Penjualan
Setiap usaha pasti harus memasarkan produknya. Kebanyakan dari kita hanya terjebak pada cara-cara menjual. Padahal penjualan itu selalu diawali dengan stategi promosi yang efektif. Pemasaran yang efektif adalah stategi promosi yang menghasilkan penjualan sesuai dengan upaya yang dikeluarkan. Perusahaan-perusahaan besar mengelompokan bagian ini menjadi satu bagian besar, yakni pemasaran. Jadi, pemasaran itu sangat luas artinya.
TATA CARA ATAU PROSEDUR KERJA APA SAJAYANG TERMASUK BIDANG PEMASARAN: PROMOSI &PENJUALAN?
1.Proses mengetahui konsumen dari produknya
2. Proses melakukan komunikasi dengan konsumen tentang keberadaan dan manfaat produk-produk
3. Proses melakukan penjualan kepada konsumen
SOP Akuntansi, Keuangan, & Pajak
Pengusaha kecil sering melalaikan dua fungsi ini yaitu, akuntansi dan pajak. Mereka itu yang mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan arus uang keluar dan masuk (dari hasil transaksi harian), maka akuntansi adalah proses pembukuan atau penyajian laporannya. Sedangkan pajak berkisar tentang setoran kita kepada pemerintah. Tiga hal ini harus di pisahkan meskipun dikelompokan menjadi satu bagian.
TATA CARA PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG AKUNTANSI, KEUANGAN, & PAJAK?
1. Proses transaksi harian ditempat usaha kita
2. Proses pencatatan/pembukuan transaksi-transaksi tersebut
3. Proses perhitungan, pelaporan, dan pembayaran pajak
Sop SDM & Pengembangannya
Bagian ini terdiri dari dua bidang yang terpisah satu sama lain, tetapi fungsinya berurutan. Perusahaan-perusahaan menjadikan bidang ini menjadi satu-kesatuan yang tidak terpisahkan. Bidang SDM meliputi proses rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengangkatan karyawan serta pengawasan kinerja karyawan sehari-hari. Sedangkan bidang pengembangan SDM meliputi evaluasi kinerja karyawan, re-training (pelatihan lanjutan), promosi, dan sebagainya.
TATA CARA PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG SDM & PENGEMBANGANNYA?
1. Proses perekrutan karyawan baru
2. Proses pelatihan karyawan
3. Proses promosi dan demosi karyawan
SOP Pelayanan Konsumen & Pengelolaan Pelanggan
Adalah ujung tombak perusahaan-perusahaan besar dalam upaya memperoleh repeat order dari para konsumen/pelanggan. Sebagian orang menyebutnya Customer Relationship Management (CRM). Apapun namanya dan seberapapun kecilnya usaha kita, jika ingin memiliki masa depan cerah, kita harus berusaha sekuat tenaga untuk menyusun SOP bidang pelayanan konsumen dan pengelolaan pelanggan.
TATA CARA PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG PELAYANAN KONSUMEN DAN PENGELOLAAN PELANGGAN?
1. Proses penyambutan konsumen/pelanggan yang datang ketempat usaha kita
2. Proses membantu konsumen/pelanggan memperoleh segala kebutuhannya
3. Proses membangun database pelanggan
4. Proses pengelola pelanggan
SOP Operasional Usaha
Adalah kegiatan –kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan setiap hari, setiap bulan, atau setiap tahun. Kegiatan-kegiatan ini sudah ditentukan tanggal operasionalnya sehingga tidak saling menggangu, justru saling mendukung.
TATA CARA PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG OPERASIONAL USAHA?
1. Prosedur Operasional sehari-hari
2. Prosedur Penanganan Komplain
3. Prosedur Pengawasan Usaha
4. Prosedur Evaluasi Usaha
5. Prosedur Pengurusan Legatitas Usaha
6. Prosedur Pengamanan Tempat Usaha
SOP Pembukaan & Penutupan Usaha
Yang dimaksud pembukaan usaha adalah prosedur yang kita lakukan saat akan membuka usaha baru yang sejenis di kota lain. Sedangkan yang dimaksud penutupan usaha adalah prosedur yang harus kita lakukan untuk menutup usaha tersebut jika bangkrut. SOP ini akan mempermudah kita saat ingin membuka usaha sekaligus menghindarkan kita dari masalah atau sengketa jika kita menutup usaha.
TATA CARA ATAU PROSEDUR KERJA APA SAJA YANG TERMASUK BIDANG PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN USAHA?
1. Prosedur perencanaan pembukaan usaha baru
2. Prosedur realisasi rencana pembukaan usaha baru
3. Prosedur pengelolaan risiko pada usaha yang sudah berjalan
4. Prosedur penutupan usaha & pemberesan
CARA MUDAH MENYUSUN SOP
Tidak ada rumusan baku untuk menyusun SOP. Kita bisa menyusun SOP semaunya. Yang penting,SOP itu harus bisa menyederhanakan proses kerja, mampu meningkatkan efisiensi,memudahkan pengembangan usaha dan yang lebihpenting, cocok untuk di terapkan di usaha anda.
Tidak ada rumusan baku untuk menyusun SOP. Kita bisa menyusun SOP semaunya. Yang penting,SOP itu harus bisa menyederhanakan proses kerja, mampu meningkatkan efisiensi,memudahkan pengembangan usaha dan yang lebihpenting, cocok untuk di terapkan di usaha anda.
3 TAHAP PENYUSUNAN SOP
Menyusun SOP itu sangat mudah karena hanya melalui 3 tahap saja yaitu.
1. Menentukan jenis pekerjaan dan alur kerjanya.
2. Menggambarkan dalam bentuk bagan.
3.menuliskan dalam bentuk uraian.
Menyusun SOP itu sangat mudah karena hanya melalui 3 tahap saja yaitu.
1. Menentukan jenis pekerjaan dan alur kerjanya.
2. Menggambarkan dalam bentuk bagan.
3.menuliskan dalam bentuk uraian.
saya akan mengambilsatu contoh pekerjaan , misalnya mengolah ayam mentah menjadi ayam goring siap saji.
Alur kerjanya:
1.Ayam di cuci bersih
2.Ayam di rendam dalam larutan bumbu.
3Ayam di goring.
4.Ayam goring ditiriskan.
5.Ayam goring siap saji.
saya akan mengambil satu contoh pekerjaan saja dan menyusun SOP-nya,misalnya membuat sarana promosi berupa brosur.
Menentukan jenis pekerjaan & alur kerjanya
jenis pekrejaan: membuat sarana promosi brosur.
Alur kerjanya:
1. Menetapkan materi promo yang akan di masukan brosur.
2, Medesain brosur.
3. Meminta persetujuan atasan/principal
4. Mencetak brosur.
5. Menyebarkan brosur.
saya akan mengambil satu contoh pekerjaan saja, misalnya transaksi antara konsumen/pelanggan.
Menentukan jenis pekerjaan &alur kerjanya.
jenis pekerjaan: transaksi antara kasir dengan konsumen/pelanggan.
Alur kerjanya:
1. Konsumen/pelanggan mendatangi kasir untuk membayar transaksi.
2. Kasir menghitung biaya yang harus di bayar konsumen/pelanggan berdasarkan nota order.
3. Kasir memberitahukan nilai yang harus di bayarkan kepada konsumen/pelanggan.
4. Konsumen/pelanggan membayar dengan uang tunai dan kasir menerima.
5. Kasir membubuhkan cap lunas pada nota danmenyerahkan nota kepada konsumen/pelanggan.
saya akan mengambil satu contohpekerjaan saja, misalnya melakukan eavaluasi kinerja karyawan secara berkala.
Menentukan jenis pekerjaan & Alur kerjanya
Jenis pekerjaan: Melakukan evaluasi kinerja karywan secara berkala.
Alur kerjanya:
1. Pemimpi mengumpulakn data track record karyawan selama periode evaluasi berjalan.
2. Pemimpin melakukan penilaian kerja dan membuat resume penilaian.
3. Berdasarkan resume penilain kinerja, pemimpin memanggil satu per satu karyawan untuk di beri pengarahan. Karyawan yang berprestasi diberikan penghargaan (reward), sedangkan karyawan yang berprestasi buruk akan di beri sanksi (punishment).
4. Pemimpin mengarsipkan data penilaian kinerja karyawan.
saya akan mengambil satu contoh pekerjaan saja, misalnya menyusun database pelanggan dan mengelola database pelanggan
Menentukan jenis pekerjaan & alur kerjanya
jenis pekerjaan: Menyusun database pelanggan dan mengelola database pelanggan.
Alur kerjanya:
1. Costumer service meminta pelanggan untuk mengisi formulir identitas pelanggan.
2. Costumer service melakukan input data pelanggan ke dalam komputer dan mengarsipkan formulir isian ke lemari arsip.
3. Costumer service melakukan komunikasi secara berkala kepada para pelanggan.
4. Costumer service menyelenggarakan acara (event) khusus untuk para pelanggan.
saya akan mengambil satu contoh pekerajaan saja, misalnya melakukan kerja lembur.
menentukan jenis pekerjaan & alur kerjanya
Jenis pekerjaan: Melakukan kerja lembur
Alur kerjanya:
1. Karyawan mengisi formulir kerja lembur.
2. Karyawan meminta persetujuan atasan.
3. Karyawan serahkan satu lembar ijin kerja lembur kepada security.
4. Selesai kerja lembur, karyawan meminta tanda tangan security.
5. Karyawan serahkan formulir kerja lembur ke bagian SDM
Menentukan jenis pekerjaan & Alur kerjanya
Jenis pekerjaan: melakukan grand opening
Alur kerjanya:
1. KIrim undangan kepada supplier, mitra kerja, calon konsumen, media masa.
2. Siapkan tempat usaha sebagai lokasi grand opening.
3. Sewa peralatan & perlengkapan pesta.
4. Selenggarakan acara grand opening.
5. Bereskan peralatan & perlengkapan grand opening, siapkan operasional.
1.Jenis pekerjaanharus di temukan/di kenali terlebih dahulu. Jika anda sudah memiliki struktur organisasi dan deskripsi pekerjaan, itu akan sangat membantu menemukan jenis-jenis pekerjaan yang akan di buat SOP-nya.
2. Alur kerja di buat untuk mempermudah membuat bagan. Setelah menemukan atau mengenali jenis pekerjaan , coba bayangkan alur kerjanya
3. Bagan di buat sesimpel mungkin. Ada urutan langkah dan tanda panah sebagai pemandu langkah.
4. Tahapan/langkah di buat sangat simpel dan mudah di pahami.
5. Pekerjaan yang satu dengan pekerjaan yang lain berurutan , saling berkaitan, dan tidak berdiri sendiri jika anda menyusun sebuah system, pekerjaan-pekerjaan yang ada dalam usaha anda bukanlah pekerjaan yang terpisah-pisah, melainkan hanya terbagi-bagi sesuai kelompoknya.
APLIKASI SOP
Tahapan selanjutnya setelah berhasil menyusun SOP adalah mengaplikasikan SOP tersebut pada para karyawan. Yang harus anda catat: sebagus apapun SOP-nya jika aplikasi atau penerapannya tidak optimal,hasilnya pun payah.usaha anda tidak akan maju.
ketika kita berhasil menyusun SOP, ternyata kita baru melangkah pada tahapan pertama saja. Masih ada tahapan ke dua dan tahapan ke tiga. Yakni aplikasi/penerapan SOP dan revisi/penyempurnaan SOP. Tanpa revisi /penyempurnaan , SOP tidak akan mampu menyeimbangi di namika usaha kita. Jadi jangan gembira dulu kalau sudah berhasil menyusun SOP. Masih ada jalan panjang yang harus kita lalui supaya SOP itu berhasil menunjang kemajuan atau perkembanan perusahaan.
Enam cara Aplikasi SOP
aplikasi SOP dapat dilakukan melealui enam car berikut ini:
1. Training dasar.
2. Trining tingkat lanjut
3. Briefing berkala.
4. Evaluasi berkala
5. Sanksi bagi pelanggar SOP
6. Reward bagi pelaksanaan SOP
Mari kita pelajari satu per satu cara tersebut
Training Dasar
Training Dasar adalah training yang di lakukan pertama kali untuk karyawan baru. Sebelum bekerja untuk pertama kali, anda seahrusnya memberikan training dasar training ini sifatnya indoktrinasi untuk mencuci otak karyawan baru agar mampu bekerja dengan cara kita (bukan cara si karyawan atau cara yang di jarka di tempat kerja yang lama).
Training dasar bertujuan agar si karyawan baru dapat melekukan pekerjaan yang di bebankan kepadanya secara cepat dan tepat.
Training dasar adalah kelanjutan proses pnerimaan karyawan dan merupakan bagian dari masa percobaan.
Training dasar yang harus anda berikan pertama kali kepada karyawan anda:
1. Penjelasan umum tentang perusahaan anda
2. Visi dan misi perusahaan anda
3. Struktur organisasi perusahaan anda (khususnya posisi karyawan baru dan hubungan dengan posisi-posisi lainnya)
4, deskripsi pekerjaan karyawan anda (khususnya daskripsi pekerjaan karyawan yang baru dan hubungannya dengan deskripsi pekerjaan karyawan baru
5. Peraturan-peraturan perusahaan bagi karyawan baru.
6. SOP bagi karyawan baru tersebut (sesuai jabatannya)
bagaimana cara memberikan materi SOP saat training dasar?
anda harus terlebih dahulu menjelaskan visi dan misi perusahaan. Tujuannyaa adalah agar si karyawamn paham ke man I harus membawa pwerusahaan anda.
Berapa lama training dasar di selenggarakan ?
penjelasan yang sifatnya teoritis cukup di berikan beberapa jam saja.
berapa lama waktu yang dibutuhkan praktik? Antara 1-4 minggu. Jangan terlalu lama. Cntoh: dalam waktu seminggu, karyawan kita harus mahir menggreng ayam seperti yang tertulis di SOP-nya.
Apakah penyebab kegagalan training dasar?
penebabnya adalah mental karyawan baru. Tidk semua orang cetap beradaptasi atau mampu mengubah kebiasaannya dengan ceoat. Contoh: orang yang tidak bisa bekerja cekatan, saat di tuntut untuk bekerja cekatan justru melakukan kecerobohan.oleh karena itu,saran terbaik adalah seleksilah calon karyawan anda dengan baik , jangan samapai anda membuang-buang waktu memberikan training dasar kepada karyawan yang tidak berkompeten.
Training Tingkat Lanjut
Training tingkat lanjut adalah training yangdi lakukan sebagai kelanjutan training dasar untuk meningkatkan keterampilan kerja karyawan.
training tingkat lantjut bertujuan agar si karyawan dapat meningkatkan profesionalisme kerja berdasarkan SOP, sehingga makin mendekati gambaran ideal kita.
kapan training tingkat lanjut harus di lakukan?
Training tingkat lanjut adalah training dasar dan merupakan bagian dari dinamika uasaha anda. Jadi setelah karyawan di nyatakan lolos masa percobaan, keterampilan karyawan harus segera di tingkatkan melalui training tingkat lanjut.
apa saja materi training tingkat lanjut itu?
Training tingkat lanjut berisi materi-materi pedalaman terhadap materi-materi training tingkat dasar dan materi-materi pengembangan usaha.
contoh materi yang sifatnya pendalaman materi training dasar adalah peningkatan keterampilan atau kemahiran karyawan sesuai SOP atau SOP yang di revisi/disempurnakan dan berkaitan dengan tercapainya visi dan misi perusahaan. Selain materi-materi yang sudah saya ungkapkan,anda bisa memberikan materi training tingkat lanjut sendiri sesuai kebutuhan usaha anda.
bagaimana cara memberikan materi saat training tingkat lanjut?
karyawan yang mengikuti training tingat lanjut bukanlah karyawan yang harus di indoktrinasikan seperti karyawan baru yang mengikuti training dasar. Cara terbaik adalah menggunakan system training terbuka. Kita memberikan umpan, biarkan si karyawan berlomba-lomba memakan umpannya.
Bagaimana urutan memberikan materinya?
yang pertama anda berikan adalah tujuan (sasaran/goal) perusahaan biarkan si karyawan memahami dulu tujuan kita. Setelah karyawan sadar dengan tujuan kita, bawalah mereka masuk materi inti. Misalnya peningkatan kinerja berdasarkan SOP terbaru atau justru mereka harus proaktif memperbaiki SOP lama.
Berapa lama training tingkat lanjut diselenggarakan?
training bukanlah sekolah yang memakan waktu lama plus biaya banyak. Training jenis ini biasanya di selenggarakan di luar kantor/tempat usaha anda. Tujuannya agar karyawan mengikuti merasa fresh lahir batin.
apa penyebab kegagalan training tingkat lanjut?
banyak karyawan yang enggan mengikuti training tingkat lanjut karena menganggap tidak ada gunanya mengikuti training itu. Oleh sebab itu, banyak karyawan yang mengikuti training tingkat lanjut untuk bertamasya atau berbelanja. Bagaimana mungkin training seperti ini berhasil jika ada di otak karyawan kita adalah bertamsya atau berbelanja.
Enam cara Aplikasi SOP
aplikasi SOP dapat dilakukan melealui enam car berikut ini:
1. Training dasar.
2. Trining tingkat lanjut
3. Briefing berkala.
4. Evaluasi berkala
5. Sanksi bagi pelanggar SOP
6. Reward bagi pelaksanaan SOP
Mari kita pelajari satu per satu cara tersebut
Training Dasar
Training Dasar adalah training yang di lakukan pertama kali untuk karyawan baru. Sebelum bekerja untuk pertama kali, anda seahrusnya memberikan training dasar training ini sifatnya indoktrinasi untuk mencuci otak karyawan baru agar mampu bekerja dengan cara kita (bukan cara si karyawan atau cara yang di jarka di tempat kerja yang lama).
Training dasar bertujuan agar si karyawan baru dapat melekukan pekerjaan yang di bebankan kepadanya secara cepat dan tepat.
Training dasar adalah kelanjutan proses pnerimaan karyawan dan merupakan bagian dari masa percobaan.
Training dasar yang harus anda berikan pertama kali kepada karyawan anda:
1. Penjelasan umum tentang perusahaan anda
2. Visi dan misi perusahaan anda
3. Struktur organisasi perusahaan anda (khususnya posisi karyawan baru dan hubungan dengan posisi-posisi lainnya)
4, deskripsi pekerjaan karyawan anda (khususnya daskripsi pekerjaan karyawan yang baru dan hubungannya dengan deskripsi pekerjaan karyawan baru
5. Peraturan-peraturan perusahaan bagi karyawan baru.
6. SOP bagi karyawan baru tersebut (sesuai jabatannya)
bagaimana cara memberikan materi SOP saat training dasar?
anda harus terlebih dahulu menjelaskan visi dan misi perusahaan. Tujuannyaa adalah agar si karyawamn paham ke man I harus membawa pwerusahaan anda.
Berapa lama training dasar di selenggarakan ?
penjelasan yang sifatnya teoritis cukup di berikan beberapa jam saja.
berapa lama waktu yang dibutuhkan praktik? Antara 1-4 minggu. Jangan terlalu lama. Cntoh: dalam waktu seminggu, karyawan kita harus mahir menggreng ayam seperti yang tertulis di SOP-nya.
Apakah penyebab kegagalan training dasar?
penebabnya adalah mental karyawan baru. Tidk semua orang cetap beradaptasi atau mampu mengubah kebiasaannya dengan ceoat. Contoh: orang yang tidak bisa bekerja cekatan, saat di tuntut untuk bekerja cekatan justru melakukan kecerobohan.oleh karena itu,saran terbaik adalah seleksilah calon karyawan anda dengan baik , jangan samapai anda membuang-buang waktu memberikan training dasar kepada karyawan yang tidak berkompeten.
Training Tingkat Lanjut
Training tingkat lanjut adalah training yangdi lakukan sebagai kelanjutan training dasar untuk meningkatkan keterampilan kerja karyawan.
training tingkat lantjut bertujuan agar si karyawan dapat meningkatkan profesionalisme kerja berdasarkan SOP, sehingga makin mendekati gambaran ideal kita.
kapan training tingkat lanjut harus di lakukan?
Training tingkat lanjut adalah training dasar dan merupakan bagian dari dinamika uasaha anda. Jadi setelah karyawan di nyatakan lolos masa percobaan, keterampilan karyawan harus segera di tingkatkan melalui training tingkat lanjut.
apa saja materi training tingkat lanjut itu?
Training tingkat lanjut berisi materi-materi pedalaman terhadap materi-materi training tingkat dasar dan materi-materi pengembangan usaha.
contoh materi yang sifatnya pendalaman materi training dasar adalah peningkatan keterampilan atau kemahiran karyawan sesuai SOP atau SOP yang di revisi/disempurnakan dan berkaitan dengan tercapainya visi dan misi perusahaan. Selain materi-materi yang sudah saya ungkapkan,anda bisa memberikan materi training tingkat lanjut sendiri sesuai kebutuhan usaha anda.
bagaimana cara memberikan materi saat training tingkat lanjut?
karyawan yang mengikuti training tingat lanjut bukanlah karyawan yang harus di indoktrinasikan seperti karyawan baru yang mengikuti training dasar. Cara terbaik adalah menggunakan system training terbuka. Kita memberikan umpan, biarkan si karyawan berlomba-lomba memakan umpannya.
Bagaimana urutan memberikan materinya?
yang pertama anda berikan adalah tujuan (sasaran/goal) perusahaan biarkan si karyawan memahami dulu tujuan kita. Setelah karyawan sadar dengan tujuan kita, bawalah mereka masuk materi inti. Misalnya peningkatan kinerja berdasarkan SOP terbaru atau justru mereka harus proaktif memperbaiki SOP lama.
Berapa lama training tingkat lanjut diselenggarakan?
training bukanlah sekolah yang memakan waktu lama plus biaya banyak. Training jenis ini biasanya di selenggarakan di luar kantor/tempat usaha anda. Tujuannya agar karyawan mengikuti merasa fresh lahir batin.
apa penyebab kegagalan training tingkat lanjut?
banyak karyawan yang enggan mengikuti training tingkat lanjut karena menganggap tidak ada gunanya mengikuti training itu. Oleh sebab itu, banyak karyawan yang mengikuti training tingkat lanjut untuk bertamasya atau berbelanja. Bagaimana mungkin training seperti ini berhasil jika ada di otak karyawan kita adalah bertamsya atau berbelanja.
Briefing berkala
Briefing adalah pengarahan. Setiap kita hrus memberikan pengarahan kepada karyawan untuk mengikuti SOP usaha kita. Briefing bisa di jadikan salah satu sarana sosialisasi SOP.
tujuan briefing adalah untuk memberikan pengarahan tentang kierja karyawan suapaya tetap sesuai visi dan misi perusahaan, dalam kaitanya dengan SOP, briefing bertujuan meningkatkan karyawan agar menerapkan SOP dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya. Briefing jg bertujuan untuk mencuci otak karyawan supaya berpikirnya sesuai dengan cara berpikir kita, sehingga ia mudah sekali menerapkan SOP dalam pekerjaannya. Jika SOP kita sudah tertanam di pikiran bawah sadar karyawan, maka otomatis karyawan akan bekerja dan bertindak sesuai SOP tanpa kita beri arahan lagi.
kapan briefing dilakukan?
pada perusahaan-perusahaan besar, briefing di lakukan setiap pagi sebelum karyawan bekerja dan setiap sore atau malam hari sebelum karyawan pulang. Briefing pagi berfungsi untuk membahas rencana kerja pada hari itu dan target-target yang ingin di capai, sedangkan briefing sore/malam untuk melakukan evaluasi kinerja pada hari itu dan pencapaian target.
apa saja materi briefing?
Pada briefing pagi, ingatkan karyawan untuk menaati SOP dan bekerja sesuai dengan SOP. Ingatkan mereka tentang visi dan misi perusahaan serta pencapaiannya berkat karyawan yang berperan aktif melaksanakan SOP setiap saat.
Berapa lama briefing dilakukan?
briefing di lakukan secara bervariasi, tergantung kebutuhan. Ada yang cukup melakukan briefing selama 10 menit, tetapi ada pula yang harus melakukan briefing sampai 1 jam.
Apakah penyebab briefing gagal di lakukan?
1. Pemimpin dan karyawan sama-sama tidak disiplin sehingga briefing terkadang dilakukan, tapi terkadantg tidak.
2. Pemimpin terlalu percaya diri dengan kemampuannya sehingga merasa tidak perlu melakukan briefing, karyawawn hanya mengikuti.
3. Karyawan merasa tidak perlu mengikuti briefing karena tidak ada manfaat yang diperoleh dari briefing.
Evaluasi berkala
Evaluasi berkala bukanlah evaluasi harian yang kita lakukan saat briefing. Yang di maksud evaluasi berkala adalah evaluasi SOP usaha kita selama periode tertentu.
apakah tujuan evaluasi berkala?
tujuannya adalah mengetahui efektivitas dan efisien di perusahaan kita sejak berakunya SOP selama periode tertentu, SOP yang tidak dinamis bisa merugikan perusahaan dalam jangka panjang. Sedangkan SOP yang terlalu dinamis justru dapat membingungkan karyawan.
kapan evaluasi berkala di lakukan?
evaluasi SOP dilakukan usaha anda. Dinamika usaha anda tentu di pengaruhi oleh jenis usaha anda. Bagii anda yang memilih jenis usaha di bidang makanan dan minuman, dinamikanya tentunya sangat tinggi.
apa saja materi evaluasi berkala?
1. Evaluasi perkembangan usaha anda
2. Rencana-rencana perkembangan usaha anda
3, pengembangan SOP sesuai rencana pengembangan usaha anda
apa penyebab kegagalan evaluasi berkala?
sebagai, pegusaha kita sering terjebak dalam kesibukan kita.kalupun tidak terjjebak dalam zona kenyamanan. Dua hal ini adalah racun paling mematikan bagi kita dan usaha kita. Oleh karena itu,SOP di buat supaya usaha kita terhindar dari resiko tersebut.
Sanksi Bagi Pelanggar SOP
Salah satu jawabannya adalah adanya sanaki (punishment) yang tegas bagi pelanggar SOP. Untuk apa aturan yang tidak ada sanksinya? SOP juga harus memiiki sanksi yang tegas dan di terapkan secara tegas.
kettegasan kita dalam memberikan sanksi, adalah titik total menuju kemajuan usaha kita! Berikan sanksi yang pantas dan pastikan karyawan lain mengetahuinya agar karyawan mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.
bagaimana cara agar kita tidak semena-mena memberikan sanksi kepada karyawan ?
kita juga harus mengatur memerikan sanksi, jenis pelanggaran dan jenis sanksi yang di berikan dalam SOP.ketentuan ini biasanya termasuk SOP bidang SDM & pengembangannya. Jika ketentuannya jelas, kita tidak akan di salahkan oleh siapapun ketika memberikan sanksi yang tegas kepada karyawan. Bahkan mungkin kaaryawan lain justu akan angkat jempol kepada kita yang mampu menegakan SOP demi kepentingan yang lebih besar, yakni pengembangan usaha dan menyelamatkan harkat hidup karyawan yang lain.
Reward bagi pelaksanaan SOP
salah satu jawabannya adalah pemberian penghargaan (reward) yang pantas kepada karyawan yang telah melaksanakan SOP dengan baik sehingga kinerja perusahaan meningkat dari waktu ke waktu.mari kita tanyakan kepada diri kita.selama ini, beberapabanyak atau beberapa sering kita memberi penghargaan kepada karyawan yang merasa puas bekerja bersama kita? Salama ini karyawan potensial yang mengundurkan diri dari perusahaan kita karena berbagi alas an ketidakpuasan? Jika menuntut karyawan untuk menaati SOP dan bekerja berdasrkan SOP, maka saat mereka sudah melaksanakan perintah kita itu, mereka berhak atas penghargaan (Reward) dari kita.
bagaimana cara supaya kita tidak pilih kasih dalam memberikan penghargaan kepada karyawan?
kita harus menatur berbagai jenis penghargaan yang bisa kita berikan kepada karyawan. Kita juga harus mengatur pekerjaan seperti apa yang prestasinya patut mendapat penghargaan dari perusahaan.
sampai di sini, anda sudah memahami cara aplikasi SOP.tentu saja cara-cara aplikasi yang saya ungkapkan di sini adalah versi saya dan saya peruntukan secara umum. Khusus ubtuk usaha anda,nubgkin di perlukan cara aplikasi yang sangat spesifik yangmungkin tidak terganbarkan.
Briefing adalah pengarahan. Setiap kita hrus memberikan pengarahan kepada karyawan untuk mengikuti SOP usaha kita. Briefing bisa di jadikan salah satu sarana sosialisasi SOP.
tujuan briefing adalah untuk memberikan pengarahan tentang kierja karyawan suapaya tetap sesuai visi dan misi perusahaan, dalam kaitanya dengan SOP, briefing bertujuan meningkatkan karyawan agar menerapkan SOP dalam melakukan pekerjaan-pekerjaannya. Briefing jg bertujuan untuk mencuci otak karyawan supaya berpikirnya sesuai dengan cara berpikir kita, sehingga ia mudah sekali menerapkan SOP dalam pekerjaannya. Jika SOP kita sudah tertanam di pikiran bawah sadar karyawan, maka otomatis karyawan akan bekerja dan bertindak sesuai SOP tanpa kita beri arahan lagi.
kapan briefing dilakukan?
pada perusahaan-perusahaan besar, briefing di lakukan setiap pagi sebelum karyawan bekerja dan setiap sore atau malam hari sebelum karyawan pulang. Briefing pagi berfungsi untuk membahas rencana kerja pada hari itu dan target-target yang ingin di capai, sedangkan briefing sore/malam untuk melakukan evaluasi kinerja pada hari itu dan pencapaian target.
apa saja materi briefing?
Pada briefing pagi, ingatkan karyawan untuk menaati SOP dan bekerja sesuai dengan SOP. Ingatkan mereka tentang visi dan misi perusahaan serta pencapaiannya berkat karyawan yang berperan aktif melaksanakan SOP setiap saat.
Berapa lama briefing dilakukan?
briefing di lakukan secara bervariasi, tergantung kebutuhan. Ada yang cukup melakukan briefing selama 10 menit, tetapi ada pula yang harus melakukan briefing sampai 1 jam.
Apakah penyebab briefing gagal di lakukan?
1. Pemimpin dan karyawan sama-sama tidak disiplin sehingga briefing terkadang dilakukan, tapi terkadantg tidak.
2. Pemimpin terlalu percaya diri dengan kemampuannya sehingga merasa tidak perlu melakukan briefing, karyawawn hanya mengikuti.
3. Karyawan merasa tidak perlu mengikuti briefing karena tidak ada manfaat yang diperoleh dari briefing.
Evaluasi berkala
Evaluasi berkala bukanlah evaluasi harian yang kita lakukan saat briefing. Yang di maksud evaluasi berkala adalah evaluasi SOP usaha kita selama periode tertentu.
apakah tujuan evaluasi berkala?
tujuannya adalah mengetahui efektivitas dan efisien di perusahaan kita sejak berakunya SOP selama periode tertentu, SOP yang tidak dinamis bisa merugikan perusahaan dalam jangka panjang. Sedangkan SOP yang terlalu dinamis justru dapat membingungkan karyawan.
kapan evaluasi berkala di lakukan?
evaluasi SOP dilakukan usaha anda. Dinamika usaha anda tentu di pengaruhi oleh jenis usaha anda. Bagii anda yang memilih jenis usaha di bidang makanan dan minuman, dinamikanya tentunya sangat tinggi.
apa saja materi evaluasi berkala?
1. Evaluasi perkembangan usaha anda
2. Rencana-rencana perkembangan usaha anda
3, pengembangan SOP sesuai rencana pengembangan usaha anda
apa penyebab kegagalan evaluasi berkala?
sebagai, pegusaha kita sering terjebak dalam kesibukan kita.kalupun tidak terjjebak dalam zona kenyamanan. Dua hal ini adalah racun paling mematikan bagi kita dan usaha kita. Oleh karena itu,SOP di buat supaya usaha kita terhindar dari resiko tersebut.
Sanksi Bagi Pelanggar SOP
Salah satu jawabannya adalah adanya sanaki (punishment) yang tegas bagi pelanggar SOP. Untuk apa aturan yang tidak ada sanksinya? SOP juga harus memiiki sanksi yang tegas dan di terapkan secara tegas.
kettegasan kita dalam memberikan sanksi, adalah titik total menuju kemajuan usaha kita! Berikan sanksi yang pantas dan pastikan karyawan lain mengetahuinya agar karyawan mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.
bagaimana cara agar kita tidak semena-mena memberikan sanksi kepada karyawan ?
kita juga harus mengatur memerikan sanksi, jenis pelanggaran dan jenis sanksi yang di berikan dalam SOP.ketentuan ini biasanya termasuk SOP bidang SDM & pengembangannya. Jika ketentuannya jelas, kita tidak akan di salahkan oleh siapapun ketika memberikan sanksi yang tegas kepada karyawan. Bahkan mungkin kaaryawan lain justu akan angkat jempol kepada kita yang mampu menegakan SOP demi kepentingan yang lebih besar, yakni pengembangan usaha dan menyelamatkan harkat hidup karyawan yang lain.
Reward bagi pelaksanaan SOP
salah satu jawabannya adalah pemberian penghargaan (reward) yang pantas kepada karyawan yang telah melaksanakan SOP dengan baik sehingga kinerja perusahaan meningkat dari waktu ke waktu.mari kita tanyakan kepada diri kita.selama ini, beberapabanyak atau beberapa sering kita memberi penghargaan kepada karyawan yang merasa puas bekerja bersama kita? Salama ini karyawan potensial yang mengundurkan diri dari perusahaan kita karena berbagi alas an ketidakpuasan? Jika menuntut karyawan untuk menaati SOP dan bekerja berdasrkan SOP, maka saat mereka sudah melaksanakan perintah kita itu, mereka berhak atas penghargaan (Reward) dari kita.
bagaimana cara supaya kita tidak pilih kasih dalam memberikan penghargaan kepada karyawan?
kita harus menatur berbagai jenis penghargaan yang bisa kita berikan kepada karyawan. Kita juga harus mengatur pekerjaan seperti apa yang prestasinya patut mendapat penghargaan dari perusahaan.
sampai di sini, anda sudah memahami cara aplikasi SOP.tentu saja cara-cara aplikasi yang saya ungkapkan di sini adalah versi saya dan saya peruntukan secara umum. Khusus ubtuk usaha anda,nubgkin di perlukan cara aplikasi yang sangat spesifik yangmungkin tidak terganbarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar