Sabtu, 13 Oktober 2012

BAB 1


BAB 1  Pengantar sistem informasi berbasis komputer
Pendahuluan
Informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bgi manajer.informasi dapat di kelola seperti halnya sumber daya lain, dan perhatian pada topik ini bersumber dari dua pengaruh.output informasi dari komputer digunakan oleh para manajer, non-manajer, seta orang orang dan organisasi-organisasi dalam lingkngan perusahaan. Manajer berada pada semua tingkat organisional perusahaan, dalamsemua area fungsional.  Manajer melaksanakan berbagai fungsi dan peran, dan untuk berhasil manajer memerlukan keahlian dalam komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer perlu mengerti komputer (computer literate) tetapi lebih penting, mereka perlu mengerti informasi (information literate). Perusahaan adalah suatu sistem yang bersifat fisik , namun dikelola dengan menggunakan suatu sistem konseptual. Sistem konseptual itu terdiri dari suatu pengolah informasi pengubah data menjadi informasi dan menggambarkan sumber daya fisik.
awalnya, aplikasi komputer utama adalah pengolahan data akutansi. Aplikasi tersebut lalu diikuti oleh tempat aplikasi lain :sistem informasi manajemen (management informtion system), sistem pendukung keputusan  (decision support system),  otomatisasi kantor (office automation) dan sistem pakar(expert system). Perusahaan-perusahaan membentuk suatu organisasi jasa informasi yang terdiri dari spesialisasi informasi yang menyediakan keahlian dalam mengembangkan sistem berbasis komputer.para spesialis ini mencakup analisi sistem (system analysts), pengelola database (database administrator), spesialis jaringan (network specialists). Programer dan operator.
Manajemen Informasi
manajer suatu majalah di lobby suatu hotel mengelola usahanya dengan mengamati aktiva-aktiva berwujudnya barang dagangan, cash rgister,ruangan dan arus pelanggan. Saat skala operasi meningkat menjadi suatu perusahaan dengan ratusan atau ribuan pekerja,dengan operasi yang tersebar di wilayah yang luas, manajert idak dapatmengandalkan pengamatan,tetapi harus lebih mengandalkan informasi. Dapat dibayangkan dengan mudah direktur Wal-Mart atau Sony atau Nestle hampir sepenuhnya harus mengandalkan informasi. Para eksekutif ini sangat mungkin menganggap informasi sebagai sumber daya mereka yang paling berharga.
Jenis-Jenis  Utama Sumber Daya
manajer mengelola lima jenis utama sumber daya:
-Manusia
-Material
-Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
-Uang
-Informasi (termasuk data)
Tugas manajer adalah mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan dengan cara yang paling efektif.
empat jenis sumber daya yang pertama memiliki wujud : mereka ada secara fisik dan dapat disentuh. Sumber daya konseptual untuk menggambarkan informasi dan data. Para manjajer menggunakan sumber daya konseptual untuk mengelola sumber daya fisik.
Manajemen Sumber Daya
sumber daya diperoleh dan disusun agar siap digunakan saat diperlukan. Sangat sering proses penyusunan menggunakan pengubahab suatu bahan mentah menjadi suatu bentuk yang lebih halus, seperti pelatihan pegawai atau konstruksi suatu bagian mesin yang khusus.setelah sumber daya ini disusun , manajer berusaha untuk memaksimalkan penggunanya.
Bagaimana Informasi Dikelola
kita dapat melihat dengan mudah bagaimana manajer mengelola sumber daya fisik, tetapi manajemen juga mencakup pengelolaan sumber daya konseptual. Manajer memastikan bahwa data mentah yang diperlukan terkumpul dan diproses menjadi informasi yang berguna. Seluruh aktivitas ini : memperoleh informasi, menggunakannya secara efektif mungkin, dan membangunnya pada saat yang tepat, disebut Manajemen Iformasi.
Kompleksitas Kegiatan Bisnis Yang Mengikat
Bisni memang selalu kompleks, tetapi sekarang ini lebih kompleks dari pada sebelumnya.
Pengaruh Ekonomi Internasional perusahaan-perusahaan besar maupun kecil semua terkena pengaruh ekonomi yang dapat bersumber dari bagian setiap Negara.
Persaingan Dunia perusahaan-perusahaan tidak lagi bersaing dalam wilayah geografisnya sendiri. Sebaliknya persaingan terjadi pada skala dunia.
Kompleksitas Teknologi Yang Meningkat setiap hari kita melihat berbagai contoh teknologi bisnis-bar code scanners di pasar swalayan, system pemanasan penerbangan berbasis computer, automated taller machine, dan closed circuit television di gedung-gedung.
Batas Waktu Yang Sinkat semua tahap operasi bisnis sekarang ini dilaksanakan secara lebih cepat dari sebelumnya.
Kendala-Kendala Sosial anehnya, tidaksemua tekanan mendukung produksi; sebagian malah mendorong non-produksi.
Kemampuan Komputer Semakin Baik
dalam hal ukuran dan kecepatannya,computer-komputer tahun 1950-an dan 1960-an tampak seperti dinousaurus dari jurasic park. Computer-komputer ini ditempatkan dalam ruangan besar dan hanya boleh disentuh oleh para spesialis computer perusahaan.
para pemakai sekarang, sebaliknya , sangat mungkin memiliki terminal keyboard atau computer mikro diruangan mereka. banyak computer mikro yang dihubungkan dengan computer-komputer lain dalam suatu jaringan.
para pemakai sekarang memandang computer sebagai sesuatu yang istimewa tetapi sebagai peralatan kantor yang dibutuhkan, seperti hanya meja, telepon atau mesin foto copy.
gagasan untuk menggunakan computer sebagai system informasi manajemen(SIM) merupakan suatu terobosan besar, karena menyadari kebutuhan manajer akan informasi untuk pemecahan masalah.
tetapi bukan hanya manaejr yang memperoleh manfaat SIM. Non-manajer dan staf ahli juga mendapatkan outputnya.
kita mengetahui bahwa para pemakai computer meliputi :
-Manajer
-Non-manajer
-Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan
Dimana Terdapat Para Manajer
perlu disadari bahwa para manajer ada di berbagai tingkat dalam berbagai area fungsional di dalam perusahaan.
Tingkat-tingkat manajemen manajer pada tingkat tertinggi hiraki organisasi, seperti sirektur dan wakil direktur, sering disebut berada pada tingkat perencanaa strategis ( strategic planning level) . tingkat mereka dinamakan tingkat pengendalian manajemen ( management control level) yang bermakna bertanggung jawab untuk melaksanakan rencana dan memastikan tercapai tujuanya.
Area Fungsional disamping berbagai tingkat organisasi tersebut, manajer terdapat berbagai dalam area fungsional , dimana sumber-sumber daya dipisahkan menurut pekrjaan yang dilakukan. Tiga area fungsional yang tradisional adalah pemasaran, manufaktur dan keuangan.
Apa Yang Dilakukan Para Manajer
walaupun tampak perbedaan yang jelas antara berbagai tingkat manaejmen dan are fungsional, semua manaejr melaksanakan fungsi-fungsi yang sama dam memainkannya peranan yang sama.
Fungsi-Fungsi Manajemen pada awal abad ini, sekitar tahun 1914, seorang ahi manajemen berkebangsaan perancis,Henri Fayol, menyatakan bahwa manajer melaksanakan lima fungsi-fungsi manajemen yang utama. Pertama, manajer merancanakan (plan) apa yang mereka lakukan. kemudian mengorganisasikan (organize) untuk mencapai rencana tersebut. Selanjutnya mereka menyusun staf (staff) organisasi mereka dengan sumber yang diperlukan.
semua manajer apa pun tingkatannya atau area fungsional mereka mereka, melaksanakan fungsi-fungsi tersebut.
peran-peran Manajerial dalam dua dasawarsa terakhir ini, gagasan peran-peran manajerial(managerial roles) telah menjadi popular. Henry Minzberg,professor pada Mcgill University di kanada, menganggap bahwa fungsi-fungsi foyul tidak memberikan gambaran yang menyeluruh.
Peran-Peran Manajerial Minzberg
- interpersonal roles    figurehead Manajer melaksanakan tugas-tugas seremonial, seperti didampingi                      pejabat yang berkunjung meninjaufasilitas.
- informational roles   Monitor Manajer secara tetap mencari informasi mengenai kerja unit.
- Peran Keputusan Entrepreneur Manajer membuat perbaikan-perbaikan yang cukup permanen pada unit.
Keahlian Manajemen
seorang manajer yang berhasil harus memiliki banyak keahlian, tetapi ada dua yang mendasar: komunikasi dan pemecahan masalah. Manajer berkomunikasi dengan bawahannya, atasannya, manajer lain di tingkat yang sama dan dengan orang-orang di luar perusahaan.
Keahlian Komunikasi Manajer menerrima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lissan atau tertulis. Komunikasi tertulis meliputi laporan, surat , memo, electronic mail dan terbitan berkala.
keahlian pemecahan masalah kita mendefinisikan pemecahan masalah (problem sloving) sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalahan.
selama proses pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan (decision making)yaitu tindakan memilih dari berbagai alternative tindakan. Keputusan adalah sesuatu tindakan yang dipilih.
Pengetahuan Manajemen
istilah “mengerti”(literacy) digunakan untukmenggambarkan dua jenis pengetahuan yang merupakan kunci menggunakan komputer.
Mengerti Komputer pengetahuan mengenai computer yang diperlukan untuk berfungsi di masa kini disebutmengertikomputer (computer literacy). Istilah istilah computer, pemahaman mengenai keunggulandan kelemahan computer, kemampuan menggunakan computer (walau tiadak perlu menjadi seorang programer) dan sebagainya.
Mengerti Informasi selain mengerti computer, manajer modern perlu mengerti informasi. Menegrti informasi  (information literacy) meliputi pengertian bagaimana informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, dimana informasi dapat diperoleh, dan bagaimana pembagian informasi dengan orang lain. Mengerti Informasi tidak tergantung pada mengerti computer. Seorang manajer dapat mengerti informasi tapi tidak mengerti komputer. Kenyataannya, jika seseorang haruskan memilih, mengerti informasi lebih penting, namun idealnya seorang mnajer harus mengerti computer dan informasi

Apa itu sistem?
sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud sama untukmencapai suatu tujuan. Suatu organisasi seperti perusahaan atau area suatu fungsional cocok dengan definisi ini. Organisasi terdiri dari sejumlah sumber daya seperti telah kita bahas sebelumnya dan sumber daya tersebut bekerja menuju tercapainya suartu tujuan tertentu yang ditentukan oleh pemilik atau manajemen.
Elemen-Elemen sistem
semua system tidak memiliki kombinasi elemen-elemen yang sama. Sumber daya input diubah menjadi sumber daya output. Sumber daya mengalir dari elemen input , melalui elemen transformas, kepada elemen output. Suatu mekanisme control memantau proses transformasi untuk menyakinkan bahwa sistem tersebut memenuhi tujuannya.
jika pengaturan elemen-elemen ini digunakan untuk menjelaskan suatu sistem pemanas misalnya ,input merupakan bahan bakar, seperti gas atau batu bara. Proses pemanasan mengubah bahan bakar menjadi panas (output).
jika elemen-elemen system menggambarkan suatu perusahaan manufaktur, sumber daya input adalah bahan mentah,yang di ubah menjadi barang jadi atau jasa melalui proses manufaktur.
Sistem Lingkaran Terbuka dan Lingkaran Tertutup
tidaksemua sistem mengatur operasinya sendiri. Suau system tanpa elemenmekanisme control,lingkaran umpan balik dan tujuan disebut system lingkaran terbuka (open loop system). Contoh system seperti ini adalah pemanas ruangan listrik yang kecil, yang ditancapkan, menyala, dan terus menghasilkan panas hingga alat itu dimatikan. Tidak terdapat cara untuk mengendalikan output-nya.
system dengan tiga elemen kontrol (tujuan, mekanisme kontroldan lingkaran umpan balik) disebut lingkaran tertutup(closed-loop system.
Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup
suatu system yang dihubungkan dengan lingkaran melalui arus sumber daya disebut sistem terbuka (open system).sebuah system pemanas  contohnya mendapatkan input-nya dari perusahaan listrik dan menyediakan pemanasnya bagi gedung atau ruangan yang dipanasinya.
densn menggunakan logika yang sama,suatu sistem yang tidak dihubungkan dalam lingkungan adalah sistem tertutup (closed system).
Apa itu subsistem?
susbsistem sebenarnya   hanyalah system didalam suatu system. Itu berarti bahwa system berada pada lebih dari satu tingkat.
Mobil adalah suatu system yang terdiri dari system-sistem bawahan seperti system mesin, system badan mobil dan system badan rangka. Misalnya system mesin adalah kombinasi dari system karburator,system generator , system bahan bakar dan seterungnya.


(sumber Buku Jilid Mcleod)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar